Vihara di Serpong yakin Indonesia bakal maju

Jakarta (ANTARA News) – Jemaah Vihara Tian Wang Kiung di Gading Serpong Kabupaten Tangerang, Banten yakin pembangunan di Indonesia bakal maju ke depannya, bahkan mampu mengalahkan ekonomi negara-negara Asia termasuk China.

“Menjelang imlek kami selalu menyelenggarakan peringatan  Si Da Tian Wang upaca keagamaan yang sudah sangat tua untuk menghormati dewa langit,” kata Ketua Yayasan Setia Negara, Djong Hermanto di Gading Serpong, Senin malam.

Menurut Hermanto, dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa usia dewa langit ini sudah mencapai 7844 tahun serta setiap tahunnya diperingati menjelang Hari Raya Imlek serta dipusatkan di Vihara Tian Wang Kiung di Kota Gading Serpongl.

Sebagai yayasan sosial keagamaan peringatan ini diwarnai dengan kegiatan sosial untuk menunjukkan bakti jemaah vihara ini terhadap negara diantaranya melalui pemberian beasiswa  S1 serta memberikan bantuan sajadah ke sejumlah masjid di seluruh Indonesa.

“Tahun ini kami memberikan bantuan kepada 150 masjid di seluruh Indonesia,” ujar Hermanto.

Hermanto mengatakan, dalam peringatan  Si Da Tian Wang digelar rangkaian acara mulai dari doa bersama untuk diberikan keselamatan bagi negara dan masyarakat, juga permohonan agar selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan usaha. 

Kemudian digelar atraksi yang dituggu masyarakat sekitar  mulai dari Barongsai dan atraksi tandu pisau.

Ritual tandu pisau tersebut ketika peserta secara silih berganti berdiri dan duduk di atas tandu yang terdiri dari pisau besar tanpa terluka sedikit pun.

Hermanto mengatakan atraksi ini merupakan ritual untuk mengusir aura yang tidak baik serta diakhiri dengan upacara persembahan biasanya berupa buah-buahan, kue-kue, dan minuman.

Dalam acara ini juga diselenggarakan kegiatan lelang berupa makanan dan minuman yang ditujukan untuk mengumpulkan dana untuk disumbangkan untuk kegiatan sosial ke depannya.

Peserta HUT  Si Da Tian Wang tidak hanya warga Tionghoa dari wilayah Tangerang dan Jakarta saja tetapi hadir dari berbagai daerah di seluruh Indonesia termasuk dari Singkawang Kalimantan Barat.

Baca juga: Jelang Imlek, kelenteng berbagi “angpau” kepada lansia di Semarang

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019