Lemkapi dukung Kabareskim dan Kapolda Metro Jaya Baru

Jakarta (ANTARA News) – Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi)  mendukung Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang menunjuk Irjen Pol Idham Azis sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabarekrim) dan Irjen Pol Gatot Eddy Pramono sebagai Kapolda Metro Jaya.
      
“Kami berpandangan Kapolri menunjuk orang yang tepat pada tempat yang tepat,” kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.
      
Kapolri melalui telegram nomor KEP/97/I/2019 tertanggal 22 Januari 2019 menunjuk  Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri untuk  menggantikan Komjen Pol Arief Sulistyanto. Arief akan menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol).
     
Kalemdikpol Komjen Pol Unggung Cahyono diangkat menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam)  untuk menggantikan Komjen Pol Lutfi Lubihanto yang akan pensiun.
      
Sementara  itu, Kapolda Metro Jaya akan diduduki oleh Irjen Pol Gatot Eddy Pramono yang sebelumnya merupakan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri.
      
Menurut Edi Hasibuan, Idham adalah sosok reserse tulen sehingga sangat tepat menjadi orang nomor satu di jajaran reserse Polri.
     
Dia mengatakan selama jadi Kapolda Metro, Idham memiliki segudang prestasi termasuk mengamankan berbagai kegiatan pengamanan tingkat nasional dan internasional di Jakarta.
     
Idham juga cukup mapan dalam menangani berbagai penanganan berbagai kasus yang banyak disorot masyarakat. Bahkan, Idham dipercaya menjadi Ketua Tim Gabungan Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengungkap penganiayaan penyidik KPK Novel Baswedan.
     
“Dengan menujuk Idham sebagai Kabareskrim,  kekuatannya semakin full dan kita doakan segera  mengungkapkan kasus Novel Baswedan,” kata staf pengajar ilmu hukum Universitas Suryadarma ini.
     
Edi Hasibuan juga mengatakan Gatot juga sangat layak menjadi Kapolda Metro Jaya karena cukup lama bertugas di jajaran Polda Metro dan memiliki gelar akademik doktor dari Universitas Indonesia.
    
“Gatot dikenal sangat cerdas. Gatot pernah menjabat Kapolres Jaksel,  Kapolres Depok dan  Direktur  Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.  Dia kini dipercaya Kapolri menjabat sebagai Ketua Satgas Nusantara dan Asrena Polri. Pak Gatot sangat paham soal situasi jakarta,”  kata mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini.
 

Pewarta: Santoso
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019